Jumat, 02 September 2016

MASALAH TOSHIBA C800D USB GAK KEBACA, CUMAN SATU YANG BISA

Solusi Sementara Masalah Laptop Toshiba C800D Usb Cuman Satu Port yang bisa di Pakai..!!!!

Hari kamis, 1 September 2016 ada Seorang mahasiswi baru yang datang ke toko saya.. Setelah belanja dan Gini - gitu entah sengaja atau tidak mungkin dia ngebaca tulisan yang sengaja saya buat Tulisan SERVIS (Display Monitor) "yaa begini lah kalo gak bisa beli Runing Text yg LED" sambil ia terima uang kembalian dari saya seraya bertanya "Mas kalo baikin Mous laptop bisa tidak dan brapa beayanya?...
" Bisa memang kenapa Mouse Nya?...  "Gak tau Mas kemaren bisa² aja kok tiba - tiba gak mau gerak...
Saya jawab "Emm... sambil mikir.. dan Tak bilang Udah di bawa kesini aja dulu Neng!!.. biar di Ceck n cek ...
"Oh iya mas sebentar ya nanti tak anter ke sini Habis 'Asar ya...
Kemudian Laptop Toshiba C800D sudah di tangan saya dan tak bilang ini udah bisa Neng Mousenya udh bisa Gerak...
"Uwaahh... Cuman Gitu aja mas... apa yang rusak ya...?

"Ini bukan Rusak tapi ke Lock.. mungkin ada jari Eneng gak sengaja mencet kedua tombol ini...
"Oh.. gitu... Em...
Selanjutnya si Eneng ini bukan nya Pamit terus kasih Duit eh.. Malah kasih keluhan baru sambil Nyicipin kursi baru yang saya pasang di teras toko dia bilang "Terus ini USB nya kok cuma satu yaa mas yang bisa di pakai.. yang lainnya tidak bisa...!!
sebeluam saya jawab masalah ini sambil saya berfikir ini Laptop kelihatannya masih bagus tampak dari warna kesing masih mulus dan kinclong gak mungkin kalo Port USB nya rusak (berkarat/longgar) tidak bisa Ngebaca
"Ini udah pernah Servir / Instal ulang ya Neng / di Bongkar ?...
"Udah mas.. setelah instal ulang jg masih sama USB gak bisa di pakai... memang ini Laptop udah lama dari saya kelas 2 SMA Mas...
Wah.. Harus Berwajah Teknisi ini melihat Kasus Pasien Ginian...
"Jadi Gini neng ini memang port USB nya gak ngebaca.. tapi ini masih bagus kok enggak rusak cuman perlu di instal Driver nya.. karna Laptop Eneng ini udah ada device USB 3.0 nya kemungkinan karna driver ini blum ke instal jadi parale usb nya bermasalah.. ini gak usah di tunggu nanti aja di ambil karna belum bisa ngerjakan langsung ini Toko lagi Rame.. Nanti aja ya Neng!!!
"Em.. Ok mas tapi bisa selesai malem ini ya.. sama ini mas itu Office nya lama banget kebukanya.. tolong sekalian ya Mas di betulin..
"Oo.. Oke Oke.. Nggak skalian instal ulang systemnya Neng??

"iya gimana bagusnya aja mas.. asalkan data saya jangan di Delete!!
"Oke² kalo begitu Eneng ambil Laptopnya besok pagi aja ya..




SEKIAN CERITANYA
SEKARANG KITA MENUJU MEJA KERJA

Setelah Toko tutup.. langsung itu Laptop tak instal ulang.. dan Plug & Play brikut Program juga Softwere dukungannya...
setelah di nyatakan selesai di kerjakan dan dan di Coba - coba... Apa yang terjadi Port USB belum juga berfungsi dengan Normal.. Sedikit mulai puyeng juga ngantuk.. sebentar saya ke dapur ambil kopi dan Mulai membakar UANG KERTAS YANG DI ISAP² ASAPNYA..
Eh.. sambil nglurusin pinggang di kursi plastik TEMEN berkunjun dan ngajak Cuap - cuap sebentar sambil ngabisan yang di bakar tadi.. 40 menit kmudian temen pulang.. udh matiin lampu mau tidur.. eh koq masih terang Hampir Lupa si Laptop seolah ngambek di biarin lama gak di pegang - pegang.. kembali ke topik belum jadi mau tidur..
saya coba Restar Laptopnya kmudian Cek Driver ternyata ada satu driver yang belum keinstal di tandai dengan tanda seru warna kuning.. kok bisa.. padahal kan udah pakai PackDriver kok belum ke instal juga,.. Em.. mungkin PackDriver saya ketinggalan versi / belum update..coba donlod dari website Toshibanya eh masih aja sama.. pada ahirnya Restar Laptop dan masuk ke bios dan saya coba Disable Controler USB 3.0 Ada di Tab PowerManagement kemudian EXIT SAVE.. dan masuk ke Windows.. kemudan coba tancapkan USB PLANDISK,MOUSE,KEYBORD.. dan hasilnya Jreeng USB plesdisk bisa terbaca dan bisa acces file - file di plesdisknya...

Ini lah Solusi sementara untuk USB Port Tidak Fungsi pada laptop Toshiba C800D mungkin bisa membantu rekan² yang kesulitan dengan masalah ini.
Mengapa di sebut Solusi sementara karna andaikan mempunyai Driver device usb 3.0 yang kompetibel kemungkinan tidak harus menDisable controler usb 3.0 pada bios jadi kita bisa menggunakan fitur USB 3.0 ini.. karna saya belum / tidak menemukan driver yang kompetible maka saya menggunakan Trik ini.
Dan Saran dari saya jangan terburu² melakukan Update/Flash Bios di blog sebelah ada yang menuliskan solusinya adalah Update Bios dia Bilang Bios udh kadaluarsa / harus di update saya tidak menyebutkan blog siapa Link nya yang mana jujur aja sy sekilas aja mbacanya lupa blog yang mana yang menyebutkan itu... kemungkinan Rekan - Rekan bloger mempunyai driver usb 3.0 yg kompetibel dan mempunyai tips & trik mungkin saya bisa di kasih Kabar baiknya...

Tulisan ini murni bertujuan sebagai catatan sekaligus info untuk siapun yang membutuhkan, tulisan ini sepenuhnya murni di tulis sendiri tanpa Copas / Copy Paste untuk hal ini saya tidak memberikan link,Sumber juga referensi.. mungkin untuk lebih jelasnya kita bisa Diskusi melalui coretan kolom komen di bawa!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar